Tentang makam keramat Tujuh Ketapang (Kal-Bar)

Untuk wilayah Kalimantan Barat baik yang secara formal maupun tidak, dan yang tertangkap sejarah dengan masuk melalui Kabupaten Sambas, Kabupaten Sintang dan Kabupaten Ketapang yang masuk dari negara Brunai,Semenanjung dan Jawa, sehingga nama-nama raja banyak mengadopsi nama raja Jawa diperkirakan
pada abad 15 Masehi.7 Kenyakinan yang kuat ditengah kehidupan masyarakat adalah nama besar kerajaan Tanjungpura menjadi salah satu ciri kerajaan Islam, jauh sebelumnya sudah pernah ada komunikasi antara masyarakat dikerajaan Tanjungpura dengan para pedagang dari Arab, bentuk-bentuk peningalan yang masih bayak terdapat di daerah Kabupaten Ketapang, baik yang bersifat tangible maupun intangible hal itu masih bisa dijumpai sampai saat ini. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Balar Arkeologi dari Banjarbaru Kalimantan Selatan bahwa peninggalan makam keramat tujuh maupun keramat sembilan diperkirakan pada abad ke-15 akan tetapi jauh sebelumnya sudah ada kehidupan Islam di daerah Benua Lama, karena juga ditemukan nisan di dalam dasar tanah berdiri kokoh dan relief yang bercorak Arab di wilayah Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat.

7 komentar:

Wuiih....Namaya kok Unik & mengandung Misteri gitu ya Boss...Terus terang Ayas baru tew nama Keramat ini...juga blum prnah kesana neh..Hwehehe
Kok Postinganya Gak dikasi Foto siy Boss...Ayas kan pengen Liat bentuk Makamnya sperti apa gitu...apa sperti Makam2 WALISONGO yg ada diJawa atau sperti Makam2 raja2 pada umumnya gitu Yach???

Wow...orang Kalbar ya sob?
Saya juga kelahiran Kalimantan nih hehe...

Soal makam keramat yang seperti disebutkan artikel di atas memang bisa jadi salah satu bahan penelitian mengenai penagruh budaya luar yang masuk ke KalBar. APalagi letaknya ada di antara 3 lokasi. Jawa, Sumatra sama Brunei. Keren deh...hehe...

Maaf juga baru sempet mampir sob, banyak kegiatan offline. Semoga blognya makin sukses, happy blogging!!! :D

Jadi orang Kalimantan Barat neh?

Saya juga pernah berkunjung ke Ketapang. sempat juga melihat dari jalan raya, makam2 disana.. dan mampir di keraton kerajaan matan ketapang :)

Simak aja deh Kisah nya di blog saya. cari aja Perjalanan ke ketapang

perlu dikunjungi untuk merasakan seberapa keramat tempat ini.tapi fotonya ko gak ada ya sob?

Ayas aka bagio : memang agak sedikit misteri Yas,namun misteri yang dimaksud bukanlah misteri halus,,akan tetapi misteri sejarah yang belum terungkap sepenuhnya,kalau untuk foto ntar saya posting untuk yang selanjutnya,karena sekarang hp masih type 1661 hehehehe.

Ayub adiputra : iya nih Yub saya wong kal-bar khususnya ketapang :),benar kata kamu saya belum ketemu juru kuncinya,jadi informasi ini baru dapat sebagian.terima kasih atas doa Suksesnya,,kamu juga semoga semakin sukses

Eel : Iya sobat saya sudah melihat artikel tentang perjalanan kamu ke kota Ale-Ale Ketapang,saya curiga sama kamu...hmmmm...firasat saya mengatakan kamu orang sambas ya...????

Rumput dan ilalang : Nah..itu dia masalahnya sobat camera saya ngga ada,,ntar jika ada saya akan posting hasil cameranya,,untuk menjepret keramat 7 dan keramat 9 di kampung saya tidak sembarangan sob mesti ada izin. maksudnya jika sembarangan tanpa izin bisa dirasakan akibatnya.

Untuk all my friend saya mohon maaf belum sempat berkunjung ke blogger kalian karena masih ada hal yang harus saya kerjakan,dan harus sedikit fokus untuk tahlilan almarhumah Oma saya,mohon dimaklumi ya InsyaAllah jika sudah keadaan normal saya akan serang blogg kalian semua hohohoho.

Terima kasih salam New BerryMor

Oww...memang mengandung misteri sejarah yg patut tuk diungkap selengkapnya Boss...^_^
Ayas Tunggu FOTOnya diPostingan selanjutnya yach!!!
Hwehehe...

& Smoga Oma Anda diterima segala amal & ibadahnya serta dimudahkan jalannya dalam terang cahaya ILAHI...Amiin.

Ayas : Amin,terima kasih Ayas atas DOA yang diberikan kepada Oma saya,semoga kamu dipanjangkan usia dan sehat walafiat Amiiiin.

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites