10 Hal penting di handset blackberry

Jika tertarik menggunakan BlackBerry atau mungkin kamu adalah pengguna BlackBerry tapi masih merasa asing dengan handset kamu ???
Jika itu masalah kamu,Kini saatnya kamu memahami 10 hal penting yang wajib diketahui tentang alat ala komputer mini ini.

1. PIN BlackBerry
Setiap BlackBerry memiliki rangkaian nomor unik yang disebut PIN.
PIN ini adalah bagian dari BlackBerry dan tidak dapat diubah, walaupun Kamu mengganti-ganti kartu SIM Kamu. Ketika Kamu menerima unit Blackberry baru Kamu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari nomor PIN BlackBerry Kamu.
Caranya ;
• Masuk ke icon Options –> Status, dan di layar ini Kamu bisa temukan nomor PIN Blackberry kamu.

Banyak pengguna BlackBerry tanpa di sadari bahwa setiap kali kamu menerima atau mengirim sesuatu dari BlackBerry, nomor PIN Kamu akan digunakan, baik pada saat browsing, menerima atau menjawab email, dan lain sebagainya. Memang Kamu tidak harus tahu, tapi ada baiknya kamu mengetahuinya juga, demikian juga PIN BlackBerry teman Kamu.
Mengapa begitu ?
Jika Kamu mengetahui PIN,kamu dapat menggunakan PIN ini di halaman alamat untuk mengirim sesuatu. Pengiriman menggunakan PIN ini akan mempercepat proses pengiriman data dari BlackBerry kamu ke Blackberry tujuan. Jika menggunakan alamat email, email yang Kamu kirim harus melewati berbagai server.
Untungnya, pada saat mengirim menggunakan PIN,Kamu akan mendapat konfirmasi bahwa data Kamu sudah diterima oleh BlackBerry tujuan, dengan tanda ‘D’ kecil di sebelah kotak centeng.
Komunikasi PIN juga akan sangat berguna, karena tidak bergantung kepada server perusahaan BlackBerry, atau server email, jadi jika pada saat server down, Kamu dapat terus berkomunikasi, selama kamu saling mengenali PIN lawan.

2. Jalankan Wizard Setup
Ketika Kamu menerima BlackBerry Kamu dan pertama kali menyalakan unit tersebut, BlackBerry akan menjalakan Setup Wizard. Banyak diantara pengguna yang tidak memedulikan Wizard ini karena ingin segera menggunakannya, hal inilah yang akan membuang-buang memori.
Setup Wizard ini akan melakukan banyak hal, dan terutama adalah membuang bahasa yang tidak ingin Kamu gunakan dari BlackBerry kamu. Unit baru pada umumnya sudah disiapkan dengan banyak bahasa. Tiap bahasa, memakan memori di BlackBerry kamu.
Jika Kamu ingin menggunakan 1 bahasa saja, pastikan Kamu memilih hal tersebut pada saat Setup tadi, dan dengan hal ini, bahasa lain yang ada akan dihapus. Hal ini akan memperbesar memori kosong sehingga Kamu akan mendapat ruangan lebih untuk berbagai aplikasi dan email-email penting.
Selain itu, Wizard Setup akan memberikan Kamu tutorial baik untuk Navigasi dan mengetik, dan akan memandu Kamu langkah demi langkah untuk mengakses email Kamu.

3. Selalu gunakan jempol
Salah satu kesalahan yang sering orang lakukan pada saat menggunakan BlackBerry adalah tidak menggunakan jempol. Blackberry didesain untuk diketik dengan menggunakan kedua jempol. Mengetik satu persatu menggunakan telunjuk sama sekali bukan cara yang efektif untuk menggunakan BlackBerry, dan selain itu, karena desain yang ada tidak mendukungnya, maka kecepatan mengetik Kamu akan sangat rendah.


4. Hemat waktu dengan Autotext
Autotext adalah salah satu fitur yang selalu ada dalam BlackBerry. Mekanisme ini akan selalu mengenali kata yang Kamu tulis, dan akan segera membenarkan kata yang salah pada saat Kamu menekan spasi.
Misalnya, kamu mengetik thk, bukannya Thanks, BlackBerry akan segera menggantinya dengan Thanks pada saat Kamu menekan tombol spasi.

Fitur ini juga dapat sangat mempercepat pengetikan, beberapa fitur autotext juga memungkinkan Kamu mengetik dengan sangat cepat.
Misalnya Kamu ingin memberitahukan agar lawan kamu segera menelepon kamu.
Kamu tinggal mengetik ‘Please call me at mynumber [spasi]‘ Email yang akan diterima oleh lawan kamu akan berisi nomor kamu.
Demikian juga dengan kata mypin. Myver akan mengirimkan model BlackBerry yang kamu gunakan dan OS yang ada dalam BlackBerry tersebut.
Dalam Options –> Autotext, Anda dapat menentukan entry (atau perintah) untuk mengetik kata tertentu.

Misal, Kamu sangat terbiasa untuk selalu mendapat follow up setelah meeting, dan Kamu sering menggunakan kalimat seperti: ‘Terima kasih atas waktu yang diberikan, saya akan segera menindaklanjuti hasil meeting tadi, sekiranya ada lagi yang bisa saya lakukan sebelum saya menindak lanjuti secara resmi, jangan ragu untuk memberitahukan kepada saya’. Kata ini dapat Kamu masukkan sebagai rapat21. Jadi setelah meeting besok pagi, di dalam lift, jadi kamu tinggal mengetik ‘Dear Bapak Santo Jevin™, rapat21 [spasi]‘ dan kamu akan dapat segera mengirimkan email follow up kamu.
Praktis kan heheheheh :)

5. Ingat shortcut
Banyak sekali shortcut yang dapat kamu pakai untuk lebih mempercepat pengetikan di BlackBerry kamu.

• Tekan dua kali [spasi] = titik dan 1 spasi
• Tekan huruf dan tahan, maka huruf tadi akan berubah menjadi kapital.
Maka BlackBerry akan mengubah semua huruf menjadi kapital setiap kali ada tanda titik disebelahnya.
- www[spasi]newberrymor[spasi]blogspot[spasi]com…..lebih mudah lagi bukan

6. Beli Kartu Penyimpan (Memory Card)
BlackBerry sekarang penuh dengan berbagai fitur multimedia seperti kamera dan video kamera. BlackBerry Media Player dapat memutar berbagai format audio dan video, dan juga menampilkan gambar. Untuk menampung semua hal tersebut dan dapat menggunakan secara maksimal, Kartu Penyimpan (Memory Card) akan lebih banyak membantu.
Jika memori internal BlackBerry mulai menipis, secara otomatis BlackBerry akan menghapus email lama, entri pada kalender, kontak, dan lain-lain, dan salah satu alasan memori internal menipis, apalagi jika bukan karena Kamu menyimpan berbagai file tadi. O ya, BlackBerry cenderung melambat, dan bahkan bisa sama sekali berhenti bekerja jika memorinya menipis.
Kartu Penyimpan, akan segera menjadi media penyimpan file utama pada saat Kamu memasukkan kartu pada BlackBerry kamu.

7. Gunakan BlackBerry sebagai USB Drive Kamu.
Jika kamu memiliki kartu penyimpan di BlackBerry kamu, dan kamu menggunakannya dengan menggunakan Kabel USB ke komputer, BlackBerry akan memunculkan pesan ‘Do you want to turn on Mass Storage Mode?’. Jika kamu setuju, maka komputer akan memandang BlackBerry kamu sebagai drive baru. BlackBerry akan mengambil alih fungsi USB Drive. Hal ini akan membantu kamu membawa dokumen penting dan yang sering kamu gunakan kemanapun kamu pergi.!!!

8. Download dan Install BlackBerry Desktop Software.
Kamu dapat menggunakan BlackBerry tanpa menginstal program apapun ke komputer. Tapi, jika program ini kamu install dalam komputer yang kamu sering pakai bekerja, pemindahan file dan sinkronisasi dengan komputer adalah hal yang sangat mudah.

9. Install beberapa Software penting
Program tambahan ini akan tentunya sangat membuatnya semakin canggih dan semakin mempermudah aktivitas sbg contoh :
- Google Maps – GRATIS
- Viigo – Pembaca RSS Reader dan berbagai fitur lain – GRATIS
- Vlingo – Aplikasi yang akan membuat kamu seakan memiliki sekretaris, tinggal bicara kepada BlackBerry kamu, dan dia akan mengetikkannya untuk kamu – GRATIS pula :D
- FaceBook
- Twitter
- Game.
masih banyak lagi,yang tidak perlu saya sebutkan satu/satu,Nah apa sih yang kurang menarik.

10. Personalize BlackBerry kamu!
Apalah gunanya pendukung bila tidak mencerminkan siapa kamu.
Ganti ringtone, wallpaper, theme baru, bahkan icon dan layout layar BlackBerry Kamu

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites